Menjelajah Keindahan Alam Bandung selatan (Kawah Putih, Ranca Upas, Ranca Bali, Situ Patenggang) + Bukit Moko

11 09 2014

Halo ketemu lagi!

Sudah beberapa bulan vakum nulis blog karena kesibukan kantor, akhirnya bisa nulis lagi share pengalaman jalan2 saya. Sebelum saya menjelajah bandung selatan, saya sempat flashpacker ke bromo berdua teman, tapi sayang belum sempat nulisnya, saya share pengalaman kemarin jalan mumpung masih fresh.

Kali ini saya berbagi pengalaman jalan2 ke Bandung Selatan, mumpung lagi ditempatkan di Bandung dari kantor, kebetulan hari itu jatah saya cuti untuk pulang ke rumah di bekasi, jadi saya manfaatkan kesempatan ini sebelum pulang ke bekasi buat menjelajah Bandung Selatan yang konon katanya keindahan alamnya luar biasa.

Sehari sebelum berangkat, saya browsing dikaskus tempat penyewaan motor diwilayah bandung, akhirnya ketemu saya sewa vario techno cbs 125cc dengan biasa sewa 85.000/hari (24 jam) dengan jaminan NPWP dan kartu Jamsostek + 30.000 buat jasa antar motornya, akhirnya saya ambil. Selepas pulang kerja jam 19.00 saya siap2 berangkat dari kantor ke RS Hermina Arcamanik janjian sama yang antar motor, tepat jam 20.00 ketemu sama yang antar motor, saya serahkan biaya sewa+jaminannya. Langsung malam itu saya meluncur ke daerah Ciwedey buat cari penginapan, supaya besok bisa istirahat sebelum jalan2.

Setelah melewati jalan menanjak dan lumayan sepi, dari arcamanik ke ciwedey saya tempuh 2 jam karena mampir2 beli makan, isi bensin fulltank, sekalian beli keperluan lain. Akhirnya pas jam 22.30 sampai juga di ciwedey, disepanjang jalan lumayan banyak penginapan, setelah muter2 milih penginapan, akhirnya saya ambil penginapan Wisma Nugraha, saya ambil yang standar 170.000 termasuk breakfast, kamarnya lumayan bersih, fasilitasnya lumayan dah ada water heater jadi ga takut mandi pagi besok.

Pagi2 jam 06.00 saya bangun, sholat, mandi, ngopi sebentar, engga lama datang juga si akang yang nganter breakfast, nasi goreng berwadah styrofoam, lumayanlah buat ngisi perut sebelum mulai perjalanan panjang hari ini.

tepat jam 07.15 saya check out sekalian titip tas, biar saya ga berat bawa2 tas pakaian yang mau saya bawa pulang ke jakarta, saya bawa peralatan seperlunya, BB buat jaga komunikasi (sekalian update status sih, hihi…), smartphone yang kameranya bisa diandalkan, charger, dompet + uang cash.

Tepat jam 07.30 pas saya meluncur tujuan pertama dulu, Kawah putih. Sampai digerbang ternyata saya kepagian sodara2, loketnya masih sepi karena kepagian kayaknya. Akhirnya saya cabut dari sana langsung meluncur ke Bumi Perkemahan Ranca Upas yang lagi naik daun katanya, sampai disana, bayar karcis masuk sekitar 10.000 berdua, saya langsung masuk kedalam. Ranca Upas ini terkenal keindahan alamnya yang masih alami, selain perkemahan, disini  juga ada kolam air hangat (kampung cai), arena outbond, penakaran rusa dan arena paintball. Lumayan bagus buat objek foto, tapi sayang kurang terawat, jalan didalam area wisata aspalnya sudah mulai rusak, rumput2 mulai tinggi disepanjang jalan area wisatanya. Pas saya masuk kok sepi banget, mungkin karena hari kerja dan masih pagi, setelah muter2 tujuan utama saya lihat penakaran rusa, ternyata masih tutup, coba cari informasi ternyata yang jaga loketnya datangnya agak siang karena ada urusan keluarga, hadeeh kok bisa ya… Akhirnya saya balik kanan bilang ke tukang karcis digerbang nanti balik lagi, saya ke kawah putih dulu soalnya penakaran rusanya belum buka, tukang jaganya bilang gpp nanti ga usah beli karcis lagi, siplah!

Sampai digerbang kawah putih, parkir motor, lucunya disini kita dipaksa nitip helm bayar 5000, kalau ngga nitip dia ngedumel pakai bahasa sunda yang kira2 artinya “bawa aja sana helmnya jangan taro disini” sampai marah2, karena engga enak hati yasudah saya ngalah titip helm. Masuk ke gerbang kawah putih, beli tiket kena 30.000 x 2 orang + parkir motor 5000, total bayar 65.000. Ngga lama kemudian angkot yang kami tumpangi berangkat ke kawah putih, sekitar 15 menit perjalanan akhirnya sampai dikawah putih. Oh ya, buat yang mau kesana, jangan lupa bawa masker dari rumah aja, disana penjual maskernya rada2 maksa, satu masker dijual 5000, kalau belinya diatas 10.000, heeem! Turun kekawah putih, photo2, narsis2 photo candid sendiri sambil liat pemandangan, sekitar 1 jam akhirnya kami kembali kebawah naik angkot yang sama.

Pas jam 12.00 saya sampai diparkiran motor, makan siang di nasi padang diarea parkir, terus saya lanjutkan ke Ranca Upas yang tadi sempat ketunda ngeliat penakaran rusa. Sampai disana, poto2 sambil istirahat dikursi kayu dipenakaran rusa, sambil saya lempar wortel ke kerumunan rusa, seru juga liat rusa-rusa berebut makanan. masih di Ranca Upas, perjalanan saya lanjutkan ke danau kecil, dipadu rumput-rumput hijau dan pohon-pohon jangkung, benar-benar sempurna pemandangannya.

Jam 13.30 saya meninggalkan Ranca Upas, menuju kebun teh Ranca Bali, pemandangan kebun teh disini lebih bagus daripada dipuncak, masih alami, engga terlalu crowded sama bangunan disepanjang jalan, saya berhenti  buat foto2 perkebunan teh, dan di gerbang Ranca Bali.

Setelah itu perjalanan saya lanjutkan ke Situ Patenggang, tepat jam 14.15 saya tiba di Situ patenggang atau Situ patengan (nama yang tertulis di plang-nya, hihi..). Duduk2, istirahat dibawah pohon besar dipinggir situ, photo2, tepat jam 15.00 saya meninggalkan Situ patenggang menuju Bukit Moko, ini dia tujuan yang saya idam2kan liat sunset dari puncak bukit Moko, tujuan penutup perjalanan saya kali ini.

Jam 15.00 saya meluncur dengan kecepatan tinggi menuju Bukit Moko, saya mampir ke Wisma Nugraha untuk ngambil tas yang saya titipkan tadi. Perjalanan lumayan jauh dari Bandung Selatan ke Bandung Timur, apalagi sore ini jam pulang kerja, saya takut terlambat karena macetnya kota Bandung. Setelah ngebut2an disepanjang jalan, berpacu dengan waktu dan tenggelamnya matahari, tepat jam 17.15 saya sampai didepan terminal Cicaheum, setelah ini rutenya bakal mendaki terus sampai Bukit Moko, melewati saung angklung Mang Udjo, saya terus memacu motor supaya tiba diatas sebelum matahari tenggelam. Setelah berjuang melewati curamnya tanjakan ke Bukit Moko, tepat jam 17.45 saya sampai di parkiran warung daweung, ini lokasi buat melihat kota Bandung dari atas, sekaligus liat sunset. Masuk, saya langsung pesan indomie rebus, sambil cari tempat duduk yang strategis buat menikmati sunset. tapi sayang sore itu langit lumayan bersahabat, matahari tenggelam perlahan2, orang2pun banyak yang mengambil moment ini buat photo dengan latar belakang sunset. Hari makin gelap, jam sudah menunjukkan jam 18.30, saya putuskan untuk turun kebawah, karena jam sewa motor habis jam 21.00

Tepat jam 18.30 saya turun kearah kota Bandung dan meluncur ke RS Hermina Arcamanik janjian sama pemilik motor tuk ngembaliin motornya. jam 20.00 tiba disana, engga lama kemudian pemilik motor tiba, saya serahkan kunci dan kelengkapan lain (helm dua + jas hujan), NPWP dan kartu jamsostek saya dikembalikan. Perjalanan saya lanjutkan ke arah cileunyi untuk pulang ke jakarta, berhubungan badan rasanya sudah engga karuan, saya putuskan turun angkot didepan hotel Millenia kalau tidak salah didaerah cinunuk sebelum cileunyi. Saya ambil kamar excutive AC 170.000, lumayan terjangkau dengan fasilitas lengkap, cuma disini engga dapat breakfast.

Pagi jam 08.00 saya baru bangun, mungkin karena kecapean. Mandi, pesan sarapan nasi goreng , kopi, jam 11.00 saya check out, melanjutkan perjalanan menuju bekasi. Jam 12.00 saya tiba dicileunyi, nunggu setengah, akhirnya bis dari tasik yang akan mengantar saya ke bekasi tiba, saya naik bis Budiman Bussiness class 50.000, lumayan nyaman untuk istirahat.

pic browsing dari bismania.org

Breakfast nasi goreng 20.000

Bus Budiman bandung – Bekasi 50.000

Total pengeluaran  623.500

Sampai jumpa dicerita perjalanan berikutnya, Bubye!

Liburan singkat sendirian ke jogja dari jakarta, Tanpa nginep.

9 06 2012

Halo semua,
Saya Mau sharing liburan singkat kemarin kejogja dr jakarta, tanpa nginep lho. Mudah-mudahan bisa berguna buat referensi temen-temen yang mau liburan singkat kejogja, sendiri, tanpa nginep.

Jumat 1 juni 2012
Nggak tau kesambet apaan hari jumat siang itu, abis terima slip gajian tiba-tiba langsung kepikiran pengen kejogja, tapi waktu sempit, ga bisa cuti, dah dah mepet, dan coba browsing tiket pesawat dah mahal dan tiket keretapun dah abis. Akhirnya keluar juga naluri Flashpacker saya, saya putuskan buat berangkat kejogja malam ini beli tiket kereta langsung diloket Gambir!

Pulang kantor langsung saya ngebut pulang krumah didaerah Pulo Gebang, sholat, mandi langsung packing :
– Tas daypack
– Baju+celana+cd
– Sikat gigi+odolnya
– Kamera DSLR A230 tercinta + gear

Tepat jam 18.00 saya kestasiun Bekasi buat naik kereta Comuterine menuju gambir (rp.6500) dari bekasi, motor saya titip di penitipan motor inap. Ga lama, setengah jam kemudian saya sampe digambir. Langsung saya buru-buru ke Loket penjualan tiket langsung, setelah ngantri beberapa lama, akhirnya dapet  juga kereta tambahan Argo Lawu (rp.325rb) brangkat jam 21.00. Alhamduilah tenang tiket dah ditangan, langsung menuju peron 3 sambi nunggu keretanya datang.

Sabtu, 2 Juni 2012
Pagi jam 07.00 akhirnya Kereta Argo Lawu yang saya tumpangi merapat distasiun Tugu, cuaca pagi itu bener-bener cerah, langit bersih matahari bersinar berasa Jogja bener2 menyambut saya, hehe….. Buat antisipasi kehabisan tiket pulangnya tar malam, saya pesan tiket pulang buat tar malam, biar ga repot lagi cari tiket pas pulangnya, karena besok pagi saya harus sampai dijakarta lagi. karena oket reservasi baru buka jam 08.00, sambil nunggu oket buka, saya jalan kaki kearah malioboro buat cari sarapan, ketemulah tempat sarapan namanya nasi Langgi, lumayan murah (rp.5500). Tempatnya ada disamping pintu rel malioboro. Selesai sarapan, balik lagi kstasiun buat pesan tiket ke jakarta, dapet Argo Dwipangga jam 21.00 (rp.310rb).

Tiket pulang dah ditangan, jadi bisa tenang buat ngerencanain kemana hari ini, dan bisa prediksi waktu yang bisa dipake hari ini buat muter-muter jugja. Saya lanjutin jalan kesosrowijayan cari penginapan murah buat numpang mandi, charge hp, istirahat, akhirnya dapet namanya penginapan Lucy, non AC, kamar mandi didalam (rp.100rb). Sambil tidur2an dikamar, saya agendain temnpat2 yang mau saya kunjungi, saya fokusin ketempat yang belum pernah saya datengin, bagus buat objek foto, akhirnya dapet, BOROBUDUR dan WISATA MERAPI. Dah fix tujuan hari ini mau kemana, akhirnya saya telp pemilik rental motor wisata TRANSMOJO buat sewa Motornya hari ini, setelah nego-nego harga dan ngasih referensi tempat yang mau dkunjungi, akhirnya deal sewa motor+driver selama 5 jam dengan rute Borobudur & wisata Merapi, dan minta dijemput deket Tugu (rp.60rb).

Tepat Jam 09.30 keluar penginapan foto-foto disepanjang jalan malioboro yang masih sepi, lanjut jalan kaki kearah tugu buat motret tugu, dah puas foto-foto di Tugu, ga lama kemudian dateng juga Motor yang saya sewa buat keliling jogja. Ngobrol sebentar sama Mas Drivernya soal rute yang mau saya datengin, akhirnya sepakat Rutenya Borobudur dulu baru ke Wisata Merapi,  ga lama motor langsung meluncurlah keborobudur. Ternyata lumayan jauh juga,  jam 11.30 baru sampe diborobudur, parkir motor diluar, Driver ga mau ikut katanya nunggu diluar, akhirnya saya masuk sendirian dan beli tiket masuk diloket (rp.25rb), Jalan kedalam, kemudian seluruh pengunjung termasuk saya disuruh pake sarung batik yang udah dsediain petugas, agak repot juga pake sarung dengan bawaan sebanyak ini, hehe..  Buat saran aja yang mau keBorobudur pas siang hari, Selalu sewa payung (Rp.3000) dan bawa air mineral, karena didalam panas banget dan ga ada yang dagang air minum. Setelah jalan kaki beberapa lama akhirnya sampe, pas sampe diborobudur saya benar2 terkesima sama borobudur, ternyata megah banget, gede banget (maap norak, hihi…) Abis selama ini saya sering bolak-balik kejogja cuma mentok dimalioboro tapi ga pernah sampe ke Borobudur.

Di Borobudur mulailah saya ngeluarin kamera kesayangan, jeprat-jepret disini, semua sudut borobudur dipotret, relief, stupa, sampe puncak borobudur dpotret abis-abisan ga ada yang ketinggalan. Tapi sayang rame banget pas disana, Borobudur rame sama rombongan anak sekolah, agak2 rusuh maklumlah namanya ABG baru lulus SMP jadi agak2 Labil gitu, agak2 repot nyari angle buat foto karena penuh sama anak-anak sekolah.
Karena takut kesorean, tepat jam 12.30 saya keluar Borobudur menuju parkiran motor, teru lanjut makan siang dparkiran sama driver motornya, kelar makan langsung minta ngebut kewisata merapi, ternyata masih 1,5 jam lg buat kesana. ”Mas bro, ngebut ga pake rem!” itu pesan saya kedrivernya, hehe..

Dinginnya angin disepanjang perjalanan menuju Wisata Merapi, bikin saya ngantuk2 dijalan, jam 14.00 akhirnya sampe dwisata merapi. Hawa bencana merapi masih berasa lho disana, pas ngelewatin rumah yang hancur tapi belum dperbaiki, miris banget. Pas sampe diparkiran, kita diharuskan bayar retribusi masuk (rp.3000), sedangkan buat keatas kerumah mbah marijan kendaraan motor atau mobil ga boleh masuk, kita harus sewa ojek warga setempat (rp.20rb), lumayanlah murah sekalian ngebantu gerakin perekonomian warga dsna. Sampe diatas dikampungnya Mbah Marijan (Alm), ternyata cuma ada pemandangan kosong, lapangan luas tapi dah dipenuhin rumput/ semak2 hijau, sisa2 pondasi-pondasi rumah, termasuk rumah mbah marijan (Alm) yang dah bener2 ga ada sisanya, ternyata kata tukang ojeknya dulu dsni kampung padat rumah, tapi dah bener-bener habis kesapu awan panas, warga yang jadi korban sekitar 35 orang termasuk mbah marijan, sedih juga ngebayanginnya. Tapi sekarang desa kinahrejo dah ga tampak gersang lagi, sebagian dah kelihatan hijau lagi. Selesai jeprat-jepret, akhirnya saya turun lagi keparkiran buat kembali kemotor dan melanjutkan perjalanan menuju penginapan dmalioboro.

Tepat jam 16.30 akhirnya saya sampe juga dijalan sosrowijayan tempat penginapan saya. Diujung gang saya turun, bayar sewa ke Mas Drivernya, tambah tips buat drivernya. Cukup puas pelayanan rentanya, drivernya sabar, enak buat diajak ngobrol dan nanya, jadi bisa buat referensi temen2 yang mau kejogja. Sampe dipenginapan langsung tepar, rebahan, bener2 cape. Tiduran sebentar dikamar sambil charge HP sama kamera.

Jam 18.30 saya check out sekalian pamit sama Ibu yang punya penginapan, lanjut jalan kaki menuju malioboro skalian nikmati malam mingguan dmalioboro. Bener2 rame suasana malam itu di malioboro, tukang baju, merchandise, makanan, bener2 penuh buat jalanpun susah. Setelah jeprat-jepret disepanjang malioboro, akhirnya ketemu angkringan yang ga terlalu rame diujung Malioboro, saya putuskan buat makan disana (rp.6000). Puas makan, kenyang, masih Lanjutin buat ilangin rasa penasaran saya tentang KOPI JOSS deket stasiun. Saya mampir disalah satu lesehan seberang Rel kereta Malioboro, pesan Kopi Joss Sambil makan gorengan,  Minum Kopi Joss sambil lesehan liat lalu lalang orang disepanjang jalan, bener2 suasana yang ga bisa ditemuin di jakarta….

Selesai nikmatin Kopi Joss, waktu dah jam 20.00, jadi secepatnya saya lanjut jalan kestasiun karena jadwal kereta jam 20.56 jadi saya agak buru2 kestasiun, tapi pas dtengah jalan dpasar kembang, saya tergoda sama warung minuman khusus cokelat ”pawon” dipinggir jalan, daripada penasaran akhirnya saya mampir sebentar beli ice chocolate (rp.4000), lumayan enak dan murah, tempat kecil tapi lumayanlah buat leyeh2 nikmati jogja dmalam hari.

Jam 20.50 sampe juga dstasiun, langsung check in masuk peron ga lama kemudian kereta yang akan nganter kejakarta sampe tepat pada waktunya. Sedih juga harus ninggalin jogja tercinta, tapi hari ini cukup puas jalan-jalannya. Janji suatu saat akan kembali kejogja untuk explorasi pantai2 diselatan, denger2 pantainya lumayan eksotis.

Akhirnya terlelap tidur dikereta, bubye jogja, never ending asia.

Total pengeluaran:
– Cokelat Pawon rp.4000
– Argo Dwipangga rp.310.000

Total pengeluaran : rp. 900.000,-
Emang terlalu mahal budgetnya, mahal diongkos kereta, tapi buat kita yang suka pergi dadakan (flashpacker), waktu libur sempit karena pekerjaan, ini bisa jadi pilihan.

Foto-foto sehari dijogja :

Mengunjungi Surga tersembunyi Teluk Kiluan – lampung Selatan

22 07 2010

Huffh, rencana keberangkatan yang harusnya jam 21.00 jadi molor gara-gara mobil yang kita charter membatalkan sepihak, setelah menyelesaikan segala sesuatunya akhirnya kamipun berangkat menuju Lampung, Let’s go!

Tepat hari Jumat tanggal 9 Juli 2010 jam 23.00 kami berangkat dari lapangan golf put-put Senayan menggunakan armada 2 mobil elf dan 1 mobil phanter, tiba dipelabuhan Merak tepat jam 03.30, kamipun harus antri karena perjalanan kali ini berbarengan dengan arus balik liburan sekolah. Setelah antri lumayan lama, akhirnya mobil kamipun naik ke lambung kapal ferry untuk mengantar kami ke pulau sumatera tepatnya propinsi Lampung.

Kali ini kami cukup beruntung lho, soalnya kita berangkat jam 04.50 jadi pas berbarengan dengan sunrise, wuiih indah banget! melihat sunrise dari atas Kapal Ferry ditengah laut.

Pukul 07.30 kapal bersandar di pelabuhan Bakauheni, dan iring-iringan mobil kami melanjutkan perjalanan menuju Tanjung Karang untuk beristirat. jam 11.00 kami tiba di Tanjung karang untuk beristirahat 1 jam, yang kemudian kami melanjutkan perjalanan pertama kami yaitu Pantai Mutun dan Pulau Tangkil yang searah dengan tujuan utama trip kami yaitu Teluk Kiluan. tepat jam 13.00 kami tiba di Pantai Mutun, Hmm.., kesan pertama ngeliat pantai ini setengah kecewa sih,karena ga jauh dengan pantai-pantai dijakarta & dianyer, hanya disini agak bersih karena berpasir putih. Disini ramai banget, anak2, ibu2, rombongan sekolah, dan warung-warung yang menjajakan makanan. Tanpa basa-basi kami pun langsung mencarter perahu untuk menuju Pulau Tangkil, dengan biaya 5rb/ orang, kami menyewa 2 perahu kecil dan sekitar 5 menit kami sampai dilokasi, dan sama saja, disinipun rame pengunjung. Hmm, yaudahlah dah terlanjur, foto22, bananaboat22, kamipun memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Teluk Kiluan, yeah go22!

Diiringi hujan lebat, pukul 15.30 kami berangkat menuju teluk kiluan, tapi sayang ditengah jalan terkena musibah, ban mobil elf yang ditumpangi bocor alias gembos, dan ban cadangan ternyata juga gembos! waduh22, mana susah disini cari tukang tambal ban, akhirnya saya langsung bawa kedua ban tersebut mencari tukang tambal ban, ternyata didaerah pedalaman seperti ini susah banget cari tukang tambal ban, ga seperti di Jakarta! Ketemu tukang tambal ban, langsung ditambal sama abangnya, selesai, berapa bang?? 70ribu, hahhh??? Muahaal banget, 1 ban kena 35 ribu, halahh22, dia tau ini mobil plat jakarta makanya dimahalin, yaudahlah langsung bayar aja.

tepat jam 17.00 Kami melanjutkan perjalanan menempuh daerah padang cermin untuk menuju Teluk Kiluan, benar-benar tak disangka, jalan yang kita tempuh benar2 indah pemandangannya. jalan selebar pas 2 mobil, dikanan sawah, dikiri perairan Samudera hindia yang sangat tenang diselimutin cahaya jingga menjelang sunset, kok jadi berpuisi, lanjuttt..!

Setelah menempuh jalan beraspal mulus, tepat jam 19.00 kami harus menempuh jalan mendaki gunung, tanpa aspal hanya jalan tanah berbatu, naik turun, menikung, turunan, tanjakan 45 derajat diselingi tikungan tajam bersebelahan dikanan tebing curam dan dikiri jurang yang siap menampung rombongan kita kalau terjatuh (hhmm..), ditambah lagi jalan ini sepi dan gelap gulita, bener2 pengalaman mendebarkan!!

Setelah perut kita dikocok2 selama 2 jam menempuh jalan tanah berbatu, akhirnya kami tiba disuatu desa, entah apa namanya, ketika kami memasuki desa tersebut warga desa pada keluar rumah, rombongan kitapun jadi perhatian mereka, menembarkan senyuman ke rombongan (pdhl ga ada yg kenal, xixixi…) anak-anak pulang mengaji pada dadah2 sama kita,  berasa jadi pejabat negara kunjungan kerja, haha…

Di Desa tersebut, 2 pemandu kami telah menunggu di salahsatu rumah warga desa, saya pun bersalaman dan sempat bercengkrama beberapa saat dengan warga setempat. Pas mau berangkat lho?? pada kemana ini penumpangnya?? ternyata pada ngabur ke warung bakso. karena memang belum pada makan,  daripada manyun mending makan bakso juga, bener2 ketiban duren runtuh nih tukang bakso, dapet orderan langsung 32 mangkok, hahaha..!

Setelah pasukan siap, kamipun berpamitan dengan warga desa setempat untuk kembali melanjutkan perjalanan, saya kira sudah dekat, ternyata kita masih harus mendaki beberapa bukit lagi sekitar 1 jam perjalanan menempuh jalan tanah dan batu lagi, Cape deh…!

melewati jalan gelap gulita, mendaki bukit, menuruni bukit, iring-iringan mobil kami didampingi dengan 2 motor pemandu kami yang selalu berjaga-jaga disetiap tikungan dan tanjakan, mereka memandu karena medan kali ini cukup sulit, ada kalanya kami harus bergantian untuk melewati jalanan turunan yang sangat curam, setelah mobil pertama tiba dibawah gantian mobil berikutnya, terus hingga ketiga mobil kami melewati turunan tersebut.  ketika kami hampir sampai, kami harus melewati menyeberangi sungai kecil (kurang lebih 4 meter) jembatan kayu pas seukuran lebar badan mobil, karena tidak memungkinkan, para penumpang diharuskan turun agar beban mobil lebih ringan, setelah melewati jembatan tersebut, ternyata ada jembatan yang sama dimana penumpang harus turun lagi, Weww…!

15 menit kemudian kami tiba dilokasi, mobil kami diparkir disalah satu kerabat pemilik cottege dan kami harus melanjutkan perjalanan skitar 1km menggunakan Ojek motor, karena untuk mencapai lokasi disni hanya jalan setapak yang sudah diaspal.

Sepanjang perjalanan rumah-rumah hanya diterangi lampu temaram, terlihat dari jauh penduduk mengintip dari tirai jendela rumah2 mereka yang sederhana, dan anak2nya dadah22 sama kita, yaudah kita dadahin balik sambil mesam-mesem,xixixi…

tepat jam 21.15 kami tiba di Cottege tempat kami bermalam, disana sudah menyambut sang penjaga cottege Pak Solihin dan keluarganya beserta warga setempat yang siap melayani kami, peserta lainpun mayoritas perempuan langsung masuk kecottege, mandi, beres2, dan kembali ketempat kami berkumpul. Dikursi2 kayu melingkar tepat disisi Teluk kiluan kami berkumpul, beristirahat, bercerita2 selama dalam perjalanan sambil menikmati secangkir kopi lampung ditemani langit yang sangat cerah dengan bintang2 yang bertaburan dilangit, acara bakar ikan pun jadi penutup kegiatan kami malam itu sampai dengan pukul 01.00 baru kami semua beristirahat untuk melanjutkan kegiatan Dolphin Tour dipagi hari!!

Sebagai informasi, teluk kiluan ini baru diekspos tahun 2009, teluk ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat dibawah yayasan Cikal ekowisata, sehingga walaupun dikelola untuk tujuan wisata, tetap memperhatikan kelestarian kekayaan alam dan biota laut yang ada di Teluk Kiluan. beberapa kegiatan yang dapat dilakukan dsini adalah Snorkeling menikmati keindahan biota bawah laut yang masih alami, kegiatan surfing di seberang cottege kami menginap, dan Tur Lumba-lumba dengan dimana kita bisa bermain dengan ratusan lumba-lumba dihabitatnya yang merupakan terbesar diasia tenggara, dengan perahu Jukung dipagi hari, kita akan diantarkan ke laut lepas untuk bermain dengan lumba-lumba dipagi hari. dan ternyata mayoritas pendatang yang ke Teluk Kiluan masih didomonasi oleh wisatawan asing, sementara kunjungan wisatawan lokal sangat jarang dan mungkin kita adalah rombongan terbesar yang pernah kesini, 32 Orang! prikitiww…!

Kita lanjutin lagi ceritanya ok!

malam itu kami yang laki-laki (sekitar 6 org termasuk driver) cukup larut untuk tidur, kami masih menikmati keheningan malam di tepi teluk kiluan, Si Ibu tak henti-hentinya membuatkan kopi untuk kami, ketika kopi hampir abis, si ibu pun dengan sigap menyiapkan kopi hangat lagi, haduuhh ampunn buuu…!!

Pagi ini (minggu 11 juni 2010) pukul 05.00 kami sudah bersiap-siap untuk berwisata mengunjungi Lumba-lumba, pak solihin pun sudah bangun menyiapkan perahu Jukung, ada sekitar 11 perahu jukung (kapasitas 1 perahu 2-3 org) yang siap mengantar kami untuk bermain dengan Lumba-lumba di samudera Hindia.

Setelah siap, kami menggunakan life jacket untuk keamanan kami, perahu kami pun satu-satu berangkat menuju laut lepas di samudera hindia, untuk bertemu dengan lumba-lumba. kami pun keluar dari Teluk sekitar  1 jam perjalanan kami pun bertemu dengan gerombolan lumba-lumba yang sedang asyik bermain dan menari-nari, mengetahui kedatangan kami, lumba-lumbapun semakin bertingkah lucu, ada yang menari-nari, melompat keudara, dan main petak umpet dengan kita. Tak pelak kami dengan kamera seadanya dengan sigap siap memotret setiap Lumba-lumba yang muncul kepermukaan, weleh222, benar2 menyenangkan!

Setelah puas bermain dengan lumba-lumba, kami diajak berkeliling untuk melihat batu candi, batu candi ini merupakan batukarang yang ada ditengah laut menyerupai candi yang terbentuk secara alami oleh deburan ombak air laut. Kemudian kami diajak ke tempat lokasi surfing, dimana mayoritas disini adalah wisman-wisman asing yang bermain surfing, kemudian tujuan terakhir kami adalah pulau Kiluan untuk melakukan kegiatan Snorkeling. ternyata kejernihan air dan keindahan biota laut dan terumbu karang disini masih sangat alami dan terjaga, ikan-ikan cantik berkeliaran makin menambah keindahan alam bawah laut Teluk Kiluan.

tepat jam 10.30 kamipun kembali ke cottege untuk makan pagi, atau mungkin makan siang kali ya, sambil bersiap-siap dan berkemas-kemas untuk kembali ke jakarta. tepat jam 12.00 kami dan semua rombongan berpamitan dengan pak Solihin dan keluarganya, dan warga desa setempat, kali ini untuk mencapai lokasi parkir mobil kami sengaja berjalan kaki, untuk menikmati keindahan tradisi desa yang masih sangat alami, mereka terdiri dari beberapa suku seperti Suku bugis, Suku bali, Suku Jawa, dan sumatera. jadi jangan heran kalau ketemu Pura disana, karena disana juga ada orang balinya!

Akhirnya iring-iringan mobil kamipun berangkat kembali menuju jakarta dan membawa sejuta cerita untuk kita kabarkan bahwa masih adalah surga tersembunyi tak jauh dari jakarta, menempuh perjalanan jauh, beristirahat dijalan, penyeberangan Ferry dipelabuhan bakauheni, akhirnya tepat pukul 02.00 kami tiba dijakarta, dan semua berpisah di depan Plaza Semanggi untuk kembali ke rumah masing-masing.

Akhirnya lelah kamipun terbayarkan dengan pengalaman yang mengesankan selama diperjalanan dan di Teluk Kiluan, Viva Kiluan Bay!!

Ini dia hasil jepretan selama perjalanan kami, cekebrott!

Berpapasan dengan kapal ferry "joemla" di lampung

Dari Pantai Mutun Menuju Pulau Tangkil

Mejeng dulu dipulau tangkil

Bermacet ria waktu masuk ke lambung kapal ferry!

Jalan dari pantai Mutun menuju Teluk Kiluan

Undahnya jalan menuju teluk kiluan di sore hari

etemu pemandangan bagus Narsispun tak terbendung! hayoo Saya yg mana? yang berbaju hitam!

Iring-iringan berlomba-lomba menuju kiluan..!

Gud Morning Kiluan!!

Mengintp Homestay pak Solihin

Yuk berangkattt Dolphin tour!

Ketemu kapal penangkap ikan!

Cantiknya ujung Teluk Kiluan menjelang laut lepas

Pasir putih dan jernihnya air tepi pantai teluk kiluan

Balapan Perahu Jukung

satu-satunya Lumba-lumba yang tertangkap kamera

Jeprat-jepret lumba-lumba sampe lupa diri dah ditengah samudera hindia!

Jalan-jalan ke Batu Karang Candi

Lihat warna air Teluk Kiluan, cantik nian!

Ckckck, lihat warna airnya, biru air laut-nya itu lho unik bgt!

mengangkat perahu ketika kami tiba dipulau kiluan untuk snorkeling

Mejeng dulu!

Snorkeling Spot Here!

Teluk tempat kami menginap dari kejauhan

Kehidpan desa yang masih alami ditepi teluk kiluan

Homestay tempat kami yang laki-laki menginap

Homestay yang ditempati tim perempuan

Cottege II tempat kami menginap

Tempat bercengkrama di samping cottege kami menginap

Suasana jalan didesa teluk kiluan

Balai PKK desa, ternyata mau ada rapat PKK desa lho!

Salahsatu rumah warga desa

Masjid didesa

Siap-siap melanjutkan perjalan ke jakarta

narsis sebelum pulang

menuju Jakarta

Here we are...!

PANTAI TANJUNG LESUNG, PANTAI CARITA, PANTAI ANYER

9 03 2009

Sebenarnya liburan kejepit kemarin tggl 7,8,9 maret 2009 bingung juga mau jalan kemana, pilihannya antara pangandaran, pelabuhan ratu, dan anyer. Akhirnya dengan kantong yang pas2an, pilihan jatuh untuk menyusuri pantai diujung pulau jawa yaitu Pantai Tanjung Lesung, Pantai Carita dan Anyer.

Kami berangkat dari bekasi jam 22.00 menggunakan mobil panther. Perjalanan kami melalui JORR karena harus menjemput teman dibintaro. Setelah ketemu, kami lanjutkan perjalanan lewat BSD dan masuk tol Merak lewat gerbang tol tangerang nanas kearah merak. Sekitar jam 01.00 kami keluar tol cilegon barat dan langsung kearah tj. lesung melalui jalur anyer – carita – labuan – panimbang – Tj. lesung. Huhh!! sempat menggerutu juga sih, abis sempet googling katanya perjalanan dari jakarta ke Tj. lesung cuma 3 jam. Ternyata Meleset jauh. Jalur ke anyer ternyata rusak parah, begitupun perjalanan kearah labuan gelap gulita, bener2 bikin deg-degan. jalan sempit, rusak parah, kiri-kanan sepi ga ada lampu, apalagi kalau sudah menembus labuan kearah Panimbangan – Tj. Lesung, disini kami harus menempuh jarak 26Km yang sangat sepi & gelap.

Setelah perjalanan panjang akhirnya kami tiba di Tj. Lesung, kami berpikir Pantai Tanjung Lesung adalah pantai yang dibuka untuk umum seperti Pangandaran atau lainnya, ternyata pantainya adalah bagian dari Resort mewah, dan kalau malam tutup dan baru buka jam 08.00, kecuali penghuni. Yahh, kecewa berat! Akhirnya kami tidur dimobil yang diparkir didepan gerbang Resort. Sumpah diwilayah ini sepi dan gelap gulita, ga ada warung, warteg, warkop apalagi warnet. Setelah tidur nyenyak, jam 07.00 kami bangun dan langsung tancap gas masuk kegerbang untuk kepantai, digerbang kami ditarik biaya sekedarnya (padahal ga bayar) buat rokok, kemudian ketika masuk gerbang pantai kami ditarik biaya lagi Rp.7500/ orang, mobil Rp.10.000,-.
Hahh, lega akhirnya kesampaian juga pergi ke pantai tanjung lesung, pantainya bersih, pasir putih, airnya jernih sehingga kita bisa melihat karang2 dan ikan warna-warni didalamnya. Tapi kok sepi y? ya memang karena pantai ini khusus buat penghuni villa, jd ga terlalu diekspos bgt.

Setelah bosan akhirnya kami putuskan pergi kepantai yang lebih ramai, tujuan kami adalah pasir putih carita.Perjalanan kami mulai jam 08.30 dari Tj. Lesung dan tiba di pasir putih carita jam 10.00 (sekitar 35Km). Disini kami menghabiskan waktu makan, berenang, belanja baju sovenir, dan bikin tato. Sempat juga ada insiden teman kami ada yang terbawa ombak dan hampir tenggelam,begitupun adik saya yang menolong ikut terbawa arus surut ombak ketengah, saya pun rencana menolong ikut terbawa arus ombak.Berkat kesigapan 2 orang lifeguards pantai, akhirnya kami diselamatkan, huhh.. bener2 sport cardiac! Jadi ternyata bibir pantai yang berbatasan antara Pasir putih carita dengan Carita bay resort itu memang area berbahaya (tapi kok ga ada plang pemberitahuannya y??!), karena pantai disini landai tapi beberapa meter kemudian langsung ada semacem cekungan dalam, dan arusnya disini sangat kuat. Jd orang sering kejebak disini dan tenggelam, menurut lifeguards disini baru beberapa minggu yang lalu orang bule tenggelam disini dan meninggal. Ampun deh, ini jadi pengalaman luar biasa. Kembali kelaptop! Akhirnya kami langsung bengong aja dipinggir pantai, karena masih shock dan keminum beberapa gelas air laut, tp hal ini ga akan menyurutkan kecintaan kami terhadap pantai, yeah viva beach!

Hari menjelang siang dan siang menjelang sore, kami putuskan untuk kembali kejakarta dan melihat sunset dari Pantai anyer Marbella, pertimbangan kami kalau menunggu sunset dicarita bisa terjebak macet arus balik liburan. Tepat jam 15.30 kami berangkat menuju jakarta dan transit di pantai anyer marbella untuk menunggu sunset disana. Tiba disana jam 17.00, kami parkir di Bandulu resort, kebetulan kami kenal beberapa orang Resort karena kami sering menginap disana. Setelah parkir diresort, kami langsung kepantai tepat jam 17.30, benar2 waktu yang pas untuk melihat Sunset, cuaca cerah, awan sedikit, air laut bersih. Kamipun memesan teh botol, duduk lesehan menghadap Sunset sambil menyiapkan kamera untuk mengambil moment Sunset. Wahh, bener2 bagus banget sunsetnya, dengan cahaya sedikit kemerahan, matahari tenggelam tepat dibelakang Gunung Krakatau, Waw! Amazing, benar2 kebesaran Allah!

Setelah Matahari tenggelam secara sempurna, kamipun berangkat kejarta tepat pukul 18.30. Akhirnya kami berangkat ke jakarta melalui Pintu tol Cilegon barat tepat pukul 19.30 dan sempat beristirahat di Rest area KM. 45 untuk menghilangkan sedikit kantuk dan lelah, agar perjalanan kami tiba dijakarta dengan selamat. dengan kecepatan sekitar 90-110km/jam, tepat jam 22.30 kami tiba dibekasi. Dan kondisi ini, tak pelak kasur dan batalpun menjadi pelampiasan kami. Huhh.. Benar2 liburan ini!
Resume Biaya :
– BBM pakai mobil panther Rp. 200.000,- PP
– Biaya tol Rp.60.000/PP
– Biaya masuk Pantai Tanjung Lesung Rp.7500/orang, mobil Rp.10.000,-
– Biaya masuk Pantai Pasir Putih Carita Rp.4000/orang, Mobil Pribadi Rp.5000,-.

Ini hasil jepretannya :

kejernihan pantai tanjung lesung

Pantai tanjung lesung jam 07.20

Mengagumi keindahan pantai Tanjung Lesung

• Pasir Putih Pantai Carita
here we are..

Hello world!

6 03 2009

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!