Liburan singkat sendirian ke jogja dari jakarta, Tanpa nginep.

9 06 2012

Halo semua,
Saya Mau sharing liburan singkat kemarin kejogja dr jakarta, tanpa nginep lho. Mudah-mudahan bisa berguna buat referensi temen-temen yang mau liburan singkat kejogja, sendiri, tanpa nginep.

Jumat 1 juni 2012
Nggak tau kesambet apaan hari jumat siang itu, abis terima slip gajian tiba-tiba langsung kepikiran pengen kejogja, tapi waktu sempit, ga bisa cuti, dah dah mepet, dan coba browsing tiket pesawat dah mahal dan tiket keretapun dah abis. Akhirnya keluar juga naluri Flashpacker saya, saya putuskan buat berangkat kejogja malam ini beli tiket kereta langsung diloket Gambir!

Pulang kantor langsung saya ngebut pulang krumah didaerah Pulo Gebang, sholat, mandi langsung packing :
– Tas daypack
– Baju+celana+cd
– Sikat gigi+odolnya
– Kamera DSLR A230 tercinta + gear

Tepat jam 18.00 saya kestasiun Bekasi buat naik kereta Comuterine menuju gambir (rp.6500) dari bekasi, motor saya titip di penitipan motor inap. Ga lama, setengah jam kemudian saya sampe digambir. Langsung saya buru-buru ke Loket penjualan tiket langsung, setelah ngantri beberapa lama, akhirnya dapet  juga kereta tambahan Argo Lawu (rp.325rb) brangkat jam 21.00. Alhamduilah tenang tiket dah ditangan, langsung menuju peron 3 sambi nunggu keretanya datang.

Sabtu, 2 Juni 2012
Pagi jam 07.00 akhirnya Kereta Argo Lawu yang saya tumpangi merapat distasiun Tugu, cuaca pagi itu bener-bener cerah, langit bersih matahari bersinar berasa Jogja bener2 menyambut saya, hehe….. Buat antisipasi kehabisan tiket pulangnya tar malam, saya pesan tiket pulang buat tar malam, biar ga repot lagi cari tiket pas pulangnya, karena besok pagi saya harus sampai dijakarta lagi. karena oket reservasi baru buka jam 08.00, sambil nunggu oket buka, saya jalan kaki kearah malioboro buat cari sarapan, ketemulah tempat sarapan namanya nasi Langgi, lumayan murah (rp.5500). Tempatnya ada disamping pintu rel malioboro. Selesai sarapan, balik lagi kstasiun buat pesan tiket ke jakarta, dapet Argo Dwipangga jam 21.00 (rp.310rb).

 

Tiket pulang dah ditangan, jadi bisa tenang buat ngerencanain kemana hari ini, dan bisa prediksi waktu yang bisa dipake hari ini buat muter-muter jugja. Saya lanjutin jalan kesosrowijayan cari penginapan murah buat numpang mandi, charge hp, istirahat, akhirnya dapet namanya penginapan Lucy, non AC, kamar mandi didalam (rp.100rb). Sambil tidur2an dikamar, saya agendain temnpat2 yang mau saya kunjungi, saya fokusin ketempat yang belum pernah saya datengin, bagus buat objek foto, akhirnya dapet, BOROBUDUR dan WISATA MERAPI. Dah fix tujuan hari ini mau kemana, akhirnya saya telp pemilik rental motor wisata TRANSMOJO buat sewa Motornya hari ini, setelah nego-nego harga dan ngasih referensi tempat yang mau dkunjungi, akhirnya deal sewa motor+driver selama 5 jam dengan rute Borobudur & wisata Merapi, dan minta dijemput deket Tugu (rp.60rb).

Tepat Jam 09.30 keluar penginapan foto-foto disepanjang jalan malioboro yang masih sepi, lanjut jalan kaki kearah tugu buat motret tugu, dah puas foto-foto di Tugu, ga lama kemudian dateng juga Motor yang saya sewa buat keliling jogja. Ngobrol sebentar sama Mas Drivernya soal rute yang mau saya datengin, akhirnya sepakat Rutenya Borobudur dulu baru ke Wisata Merapi,  ga lama motor langsung meluncurlah keborobudur. Ternyata lumayan jauh juga,  jam 11.30 baru sampe diborobudur, parkir motor diluar, Driver ga mau ikut katanya nunggu diluar, akhirnya saya masuk sendirian dan beli tiket masuk diloket (rp.25rb), Jalan kedalam, kemudian seluruh pengunjung termasuk saya disuruh pake sarung batik yang udah dsediain petugas, agak repot juga pake sarung dengan bawaan sebanyak ini, hehe..  Buat saran aja yang mau keBorobudur pas siang hari, Selalu sewa payung (Rp.3000) dan bawa air mineral, karena didalam panas banget dan ga ada yang dagang air minum. Setelah jalan kaki beberapa lama akhirnya sampe, pas sampe diborobudur saya benar2 terkesima sama borobudur, ternyata megah banget, gede banget (maap norak, hihi…) Abis selama ini saya sering bolak-balik kejogja cuma mentok dimalioboro tapi ga pernah sampe ke Borobudur.

Di Borobudur mulailah saya ngeluarin kamera kesayangan, jeprat-jepret disini, semua sudut borobudur dipotret, relief, stupa, sampe puncak borobudur dpotret abis-abisan ga ada yang ketinggalan. Tapi sayang rame banget pas disana, Borobudur rame sama rombongan anak sekolah, agak2 rusuh maklumlah namanya ABG baru lulus SMP jadi agak2 Labil gitu, agak2 repot nyari angle buat foto karena penuh sama anak-anak sekolah.
Karena takut kesorean, tepat jam 12.30 saya keluar Borobudur menuju parkiran motor, teru lanjut makan siang dparkiran sama driver motornya, kelar makan langsung minta ngebut kewisata merapi, ternyata masih 1,5 jam lg buat kesana. ”Mas bro, ngebut ga pake rem!” itu pesan saya kedrivernya, hehe..

Dinginnya angin disepanjang perjalanan menuju Wisata Merapi, bikin saya ngantuk2 dijalan, jam 14.00 akhirnya sampe dwisata merapi. Hawa bencana merapi masih berasa lho disana, pas ngelewatin rumah yang hancur tapi belum dperbaiki, miris banget. Pas sampe diparkiran, kita diharuskan bayar retribusi masuk (rp.3000), sedangkan buat keatas kerumah mbah marijan kendaraan motor atau mobil ga boleh masuk, kita harus sewa ojek warga setempat (rp.20rb), lumayanlah murah sekalian ngebantu gerakin perekonomian warga dsna. Sampe diatas dikampungnya Mbah Marijan (Alm), ternyata cuma ada pemandangan kosong, lapangan luas tapi dah dipenuhin rumput/ semak2 hijau, sisa2 pondasi-pondasi rumah, termasuk rumah mbah marijan (Alm) yang dah bener2 ga ada sisanya, ternyata kata tukang ojeknya dulu dsni kampung padat rumah, tapi dah bener-bener habis kesapu awan panas, warga yang jadi korban sekitar 35 orang termasuk mbah marijan, sedih juga ngebayanginnya. Tapi sekarang desa kinahrejo dah ga tampak gersang lagi, sebagian dah kelihatan hijau lagi. Selesai jeprat-jepret, akhirnya saya turun lagi keparkiran buat kembali kemotor dan melanjutkan perjalanan menuju penginapan dmalioboro.

Tepat jam 16.30 akhirnya saya sampe juga dijalan sosrowijayan tempat penginapan saya. Diujung gang saya turun, bayar sewa ke Mas Drivernya, tambah tips buat drivernya. Cukup puas pelayanan rentanya, drivernya sabar, enak buat diajak ngobrol dan nanya, jadi bisa buat referensi temen2 yang mau kejogja. Sampe dipenginapan langsung tepar, rebahan, bener2 cape. Tiduran sebentar dikamar sambil charge HP sama kamera.

Jam 18.30 saya check out sekalian pamit sama Ibu yang punya penginapan, lanjut jalan kaki menuju malioboro skalian nikmati malam mingguan dmalioboro. Bener2 rame suasana malam itu di malioboro, tukang baju, merchandise, makanan, bener2 penuh buat jalanpun susah. Setelah jeprat-jepret disepanjang malioboro, akhirnya ketemu angkringan yang ga terlalu rame diujung Malioboro, saya putuskan buat makan disana (rp.6000). Puas makan, kenyang, masih Lanjutin buat ilangin rasa penasaran saya tentang KOPI JOSS deket stasiun. Saya mampir disalah satu lesehan seberang Rel kereta Malioboro, pesan Kopi Joss Sambil makan gorengan,  Minum Kopi Joss sambil lesehan liat lalu lalang orang disepanjang jalan, bener2 suasana yang ga bisa ditemuin di jakarta….

Selesai nikmatin Kopi Joss, waktu dah jam 20.00, jadi secepatnya saya lanjut jalan kestasiun karena jadwal kereta jam 20.56 jadi saya agak buru2 kestasiun, tapi pas dtengah jalan dpasar kembang, saya tergoda sama warung minuman khusus cokelat ”pawon” dipinggir jalan, daripada penasaran akhirnya saya mampir sebentar beli ice chocolate (rp.4000), lumayan enak dan murah, tempat kecil tapi lumayanlah buat leyeh2 nikmati jogja dmalam hari.

Jam 20.50 sampe juga dstasiun, langsung check in masuk peron ga lama kemudian kereta yang akan nganter kejakarta sampe tepat pada waktunya. Sedih juga harus ninggalin jogja tercinta, tapi hari ini cukup puas jalan-jalannya. Janji suatu saat akan kembali kejogja untuk explorasi pantai2 diselatan, denger2 pantainya lumayan eksotis.

Akhirnya terlelap tidur dikereta, bubye jogja, never ending asia.

Total pengeluaran:
– Comuterline bks-gambir rp.6500
– Argo Lawu rp.325.000
– Sarapan pagi rp.5500
– Homestay rp.100.000
– Rental motor+driv+tips rp.70.000
– Tiket Borobudur rp.25.000
– Sewa payung rp.3000
– Makan siang berdua rp.18.000
– Masuk wisata Merapi rp.3000
– Sewa ojek Merapi rp.20.000
– Makan malam rp.6000
– Kopi joss rp.4000
– Cokelat Pawon rp.4000
– Argo Dwipangga rp.310.000

Total pengeluaran : rp. 900.000,-
Emang terlalu mahal budgetnya, mahal diongkos kereta, tapi buat kita yang suka pergi dadakan (flashpacker), waktu libur sempit karena pekerjaan, ini bisa jadi pilihan.

Foto-foto sehari dijogja :


Aksi

Information

6 responses

10 12 2012
nia

Nice! spontan, nekat & mendadak tapi justru disitulah seru nya ya.
Kapan ke Jogja lagi? Ikutan boleh

10 09 2014
ardiebackpacker

terakhir kebromo spontan, lumayan budget melonjak tajam semua tanpa rencana, hehe

8 09 2014
Ratna

bagus om post nya lumayan buat referensi, nice post😀
http://girlonmarch.blogspot.com/2014/09/solo-travelling-at-kota-tua.html

10 09 2014
ardiebackpacker

Indahnya berbagi😀

18 09 2014
Widya Arwita

nice post… jd dpt referensi utk next single traveling di jogja
thanks🙂🙂

27 12 2014
Alexander

hi! salam kenal bro..kapan lagi nih travelling..ada rencana ke mana?

Tinggalkan Balasan

