Liburan singkat sendirian ke jogja dari jakarta, Tanpa nginep!

Halo semua,
Mau sharing liburan singkat kemarin kjogja dr jkt, tanpa nginep lho. Mudah-mudahan berguna buat referensi yang mau liburan singkat kejogja, sendiri, tanpa nginap.

Jumat 1 juni 2012
Ga tau kesambet apaan hari jumat siang itu, abis terima slip gajian tiba-tiba langsung kepikiran pengen kejogja. Tapi waktu sempit, ga bisa cuti, dah dah mepet, tiket pesawat pasti mahal dan kereta dah abis. Akhirnya keluar juga naluri Flashpacker, diputuskan Berangkat kejogja malam ini beli tiket langsung dgambir!
Pulang kantor langsung ngebut pulang krumah, sampe rumah langsung packing :
– Tas daypack
– Baju+celana+cd
– Sikat gigi+odolnya
– Kamera DSLR tercinta + gear

Tepat jam 18.00 kegambir naik comuter line (rp.6500) dari bekasi, setengah jam kemudian sampe digambir. Untungnya tiket kejogja masih ada, tapi antrinya ampun deh, namanya juga dah nekad tetap bela-belain dapet tiket, setelah setengah jam ngantri akhirnya dapet juga kereta tambahan Argo Lawu (rp.325rb) brangkat jam 21.00.

Sabtu, 2 Juni 2012
Pagi jam 07.00 akhirnya Argo Lawu merapat dstasiun Tugu, dalam hati berteriak ala iklan rokok ”jogjaaaa…!” . Buat antisipasi kehabisan tiket pulangnya tar malam, jadi pesan tiket dulu mumpung distasiun, tapi sayang bukanya jam 08.00. Sambil nunggu jam 08.00, Lanjut jalan kaki kearah malioboro cari sarapan nasi Langgi (rp.5500) ada disamping pintu rel malioboro. Ga lama kemudian balik lagi kstasiun buat beli tiket, dapet Argo Dwipangga jam 21.00 (rp.310rb).

Setelah itu lanjut jalan kesosrowijayan cari penginapan murah buat numpang mandi, charge hp, istirahat, dapet penginapan Lucy, non AC, kamar mandi didalam (rp.100rb). Ga lama kemudian telp booking rental motor wisata TRANSMOJO, setelah nego-nego harga dan ngasih referensi tempat yang mau dkunjungi, akhirnya deal sewa motor+driver selama 5 jam dengan rute Borobudur & wisata Merapi, dan minta dijemput deket Tugu (rp.60rb). Kenapa cuma dua tempat?? Alesannya biar bisa nikmati sore dan malam hari dimalioboro,hehe..

Jam 09.30 keluar penginapan foto-foto malioboro lanjut jalan kaki kearah tugu buat motret tugu, jeprat-jepret222 dah puas foto-foto, akhirnya dateng Motor yang dsewa buat muter-muter jogja. Tanpa babibu motor langsung meluncur keborobudur, tepat jam 11.30 sampe juga diborobudur, beli tiket masuk (rp.25rb), kemudian pake sarung batik yang udah dsediain petugas. Ternyata dari gerbang masuk sampe borobudur jauhnya minta ampun brooo, fiuuuh.. Buat saran aja yang mau ksana pas siang bolong, baiknya bawa air mineral sama sewa payung (rp.3000), didalam panas ga ada yang dagang. Lanjut lagi, Pas sampe diborobudur benar2 terkesima sama borobudur megah banget, karena selama ini sering kejogja tapi ga pernah sampe sini, paling cuma liat borobudur di TV sm foto.
Mulailah jeprat-jepret disini, semua sudut borobudur dipotret, relief, stupa, sampe puncak borobudur dpotret abis-abisan, tapi sayang rame banget, rame sama rombongan anak sekolah, jadi agak2 repot nyari angle buat foto.
Karena takut kesorean, tepat jam 12.30 makan siang dparkiran sama driver motornya, kelar makan langsung minta ngebut kewisata merapi, masih 1,5 jam lg buat kesana. ”bro, ngebut ga pake rem!” itu pesan saya kedrivernya, hehe..
Sambil ngantuk-ngantuk  diboncengan dibelakang motor, saking dinginnya angin sm hawa lewat kaliurang, jam 14.00 akhirnya sampe dwisata merapi. Sempet ngerasain hawa bencana merapi dsana, karena masih ada rumah yang hancur tapi belum dperbaiki, sampe diparkiran langsung bayar retribusi masuk (rp.3000), buat keatas kerumah mbah marijan kendaraan ga boleh masuk, kita harus sewa ojek (rp.20rb), lumayanlah murah sekalian ngebantu gerakin perekonomian warga dsna. Sampe diatas, ternyata cuma ada pemandangan kosong, pondasi-pondasi rumah, termasuk rumah mba marijan, ternyata kata tukang ojeknya dulu dsni kampung padat rumah, tapi dah bener-bener habis kesapu awan panas, warga yang jadi korban sekitar 35 orang termasuk mbah marijan, sedih juga ngebayanginnya. Tapi sekarang desa kinarejo dah ga tampak gersang lagi, sebagian dah kelihatan hijau lagi. Selesai jeprat-jepret, akhirnya turun lagi kparkiran buat kembali kpenginapan dmalioboro.
Tepat jam 16.30 akhirnya sampe disosrowijayan dpenginapan, bayar sewa, tambah tips buat drivernya yang ramah. Tiduran dipenginapan sambil charge HP sama kamera, jam 18.30 check out skalian nikmati malam mingguan dmalioboro. Makan dwarung angkringan (rp.6000), jeprat-jepret dsepanjang malioboro. Lanjut nyobain Kopi Joss deket stasiun, sambil lesehan, nikmatin kopi yang dmasukin areng yang masih panas merah nyala ”cesss…” gitu bunyinya bro, hehe…
Dah jam 20.00 lanjut jalan kstasiun, karena jadwal kereta jam 20.56, pas dtengah jalan dpasar kembang, tergoda sama warung minuman khusus cokelat ”pawon” dipinggir jalan, mampir sebentar beli ice chocolate (rp.4000), lumayan enak dan murah, tempat kecil tapi lumayanlah buat leyeh2 nikmati jogja dmalam hari.
Jam 20.50 sampe juga dstasiun, langsung check in masuk peron ga lama kemudian kereta yang akan nganter kejakarta sampe tepat pada waktunya. Sedih juga harus ninggalin jogja tercinta, tapi hari ini cukup puas jalan-jalannya. Janji suatu saat akan kembali kejogja untuk explorasi pantai2 diselatan, denger2 pantainya lumayan eksotis.

Akhirnya terlelap tidur dikereta, bubye jogja, never ending asia.

Total pengeluaran:
– Comuterline bks-gambir rp.6500
– Argo Lawu rp.325.000
– Sarapan pagi rp.5500
– Homestay rp.100.000
– Rental motor+driv+tips rp.70.000
– Tiket Borobudur rp.25.000
– Sewa payung rp.3000
– Makan siang berdua rp.18.000
– Masuk wisata Merapi rp.3000
– Sewa ojek Merapi rp.20.000
– Makan malam rp.6000
– Kopi joss rp.4000
– Cokelat Pawon rp.4000
– Argo Dwipangga rp.310.000

Total pengeluaran : rp. 900.000,-
Emang terlalu mahal budgetnya, mahal diongkos kereta, tapi buat kita yang suka pergi dadakan (flashpacker), waktu libur sempit karena pekerjaan, ini bisa jadi pilihan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: