PANTAI TANJUNG LESUNG, PANTAI CARITA, PANTAI ANYER

9 03 2009

Sebenarnya liburan kejepit kemarin tggl 7,8,9 maret 2009 bingung juga mau jalan kemana, pilihannya antara pangandaran, pelabuhan ratu, dan anyer. Akhirnya dengan kantong yang pas2an, pilihan jatuh untuk menyusuri pantai diujung pulau jawa yaitu Pantai Tanjung Lesung, Pantai Carita dan Anyer.

Kami berangkat dari bekasi jam 22.00 menggunakan mobil panther. Perjalanan kami melalui JORR karena harus menjemput teman dibintaro. Setelah ketemu, kami lanjutkan perjalanan lewat BSD dan masuk tol Merak lewat gerbang tol tangerang nanas kearah merak. Sekitar jam 01.00 kami keluar tol cilegon barat dan langsung kearah tj. lesung melalui jalur anyer – carita – labuan – panimbang – Tj. lesung. Huhh!! sempat menggerutu juga sih, abis sempet googling katanya perjalanan dari jakarta ke Tj. lesung cuma 3 jam. Ternyata Meleset jauh. Jalur ke anyer ternyata rusak parah, begitupun perjalanan kearah labuan gelap gulita, bener2 bikin deg-degan. jalan sempit, rusak parah, kiri-kanan sepi ga ada lampu, apalagi kalau sudah menembus labuan kearah Panimbangan – Tj. Lesung, disini kami harus menempuh jarak 26Km yang sangat sepi & gelap.

Setelah perjalanan panjang akhirnya kami tiba di Tj. Lesung, kami berpikir Pantai Tanjung Lesung adalah pantai yang dibuka untuk umum seperti Pangandaran atau lainnya, ternyata pantainya adalah bagian dari Resort mewah, dan kalau malam tutup dan baru buka jam 08.00, kecuali penghuni. Yahh, kecewa berat! Akhirnya kami tidur dimobil yang diparkir didepan gerbang Resort. Sumpah diwilayah ini sepi dan gelap gulita, ga ada warung, warteg, warkop apalagi warnet. Setelah tidur nyenyak, jam 07.00 kami bangun dan langsung tancap gas masuk kegerbang untuk kepantai, digerbang kami ditarik biaya sekedarnya (padahal ga bayar) buat rokok, kemudian ketika masuk gerbang pantai kami ditarik biaya lagi Rp.7500/ orang, mobil Rp.10.000,-.
Hahh, lega akhirnya kesampaian juga pergi ke pantai tanjung lesung, pantainya bersih, pasir putih, airnya jernih sehingga kita bisa melihat karang2 dan ikan warna-warni didalamnya. Tapi kok sepi y? ya memang karena pantai ini khusus buat penghuni villa, jd ga terlalu diekspos bgt.

Setelah bosan akhirnya kami putuskan pergi kepantai yang lebih ramai, tujuan kami adalah pasir putih carita.Perjalanan kami mulai jam 08.30 dari Tj. Lesung dan tiba di pasir putih carita jam 10.00 (sekitar 35Km). Disini kami menghabiskan waktu makan, berenang, belanja baju sovenir, dan bikin tato. Sempat juga ada insiden teman kami ada yang terbawa ombak dan hampir tenggelam,begitupun adik saya yang menolong ikut terbawa arus surut ombak ketengah, saya pun rencana menolong ikut terbawa arus ombak.Berkat kesigapan 2 orang lifeguards pantai, akhirnya kami diselamatkan, huhh.. bener2 sport cardiac! Jadi ternyata bibir pantai yang berbatasan antara Pasir putih carita dengan Carita bay resort itu memang area berbahaya (tapi kok ga ada plang pemberitahuannya y??!), karena pantai disini landai tapi beberapa meter kemudian langsung ada semacem cekungan dalam, dan arusnya disini sangat kuat. Jd orang sering kejebak disini dan tenggelam, menurut lifeguards disini baru beberapa minggu yang lalu orang bule tenggelam disini dan meninggal. Ampun deh, ini jadi pengalaman luar biasa. Kembali kelaptop! Akhirnya kami langsung bengong aja dipinggir pantai, karena masih shock dan keminum beberapa gelas air laut, tp hal ini ga akan menyurutkan kecintaan kami terhadap pantai, yeah viva beach!

Hari menjelang siang dan siang menjelang sore, kami putuskan untuk kembali kejakarta dan melihat sunset dari Pantai anyer Marbella, pertimbangan kami kalau menunggu sunset dicarita bisa terjebak macet arus balik liburan. Tepat jam 15.30 kami berangkat menuju jakarta dan transit di pantai anyer marbella untuk menunggu sunset disana. Tiba disana jam 17.00, kami parkir di Bandulu resort, kebetulan kami kenal beberapa orang Resort karena kami sering menginap disana. Setelah parkir diresort, kami langsung kepantai tepat jam 17.30, benar2 waktu yang pas untuk melihat Sunset, cuaca cerah, awan sedikit, air laut bersih. Kamipun memesan teh botol, duduk lesehan menghadap Sunset sambil menyiapkan kamera untuk mengambil moment Sunset. Wahh, bener2 bagus banget sunsetnya, dengan cahaya sedikit kemerahan, matahari tenggelam tepat dibelakang Gunung Krakatau, Waw! Amazing, benar2 kebesaran Allah!

Setelah Matahari tenggelam secara sempurna, kamipun berangkat kejarta tepat pukul 18.30. Akhirnya kami berangkat ke jakarta melalui Pintu tol Cilegon barat tepat pukul 19.30 dan sempat beristirahat di Rest area KM. 45 untuk menghilangkan sedikit kantuk dan lelah, agar perjalanan kami tiba dijakarta dengan selamat. dengan kecepatan sekitar 90-110km/jam, tepat jam 22.30 kami tiba dibekasi. Dan kondisi ini, tak pelak kasur dan batalpun menjadi pelampiasan kami. Huhh.. Benar2 liburan ini!
Resume Biaya :
- BBM pakai mobil panther Rp. 200.000,- PP
- Biaya tol Rp.60.000/PP
- Biaya masuk Pantai Tanjung Lesung Rp.7500/orang, mobil Rp.10.000,-
- Biaya masuk Pantai Pasir Putih Carita Rp.4000/orang, Mobil Pribadi Rp.5000,-.

Ini hasil jepretannya :

kejernihan pantai tanjung lesung

kejernihan pantai tanjung lesung

Pantai tanjung lesung jam 07.20

Pantai tanjung lesung jam 07.20

Mengagumi keindahan pantai Tanjung Lesung

Mengagumi keindahan pantai Tanjung Lesung

  • Pasir Putih Pantai Carita
  • Pasir Putih Pantai Carita
here we are..

here we are..

About these ads

Aksi

Information

12 tanggapan

12 05 2010
caritafantasi

bagus juga artikelnya. yang mau nginep di lippo carita hubungi aku ya…..! konfirmasi di http://www.caritafantasi.com he.he.he. sekalian promosi. thank

22 07 2010
ardiebagpacker

Oke boleh juga tuh, sekalian diskon promo-nya yaaa..

22 07 2010
krisna

gw kan mau kesana thu tgl 1/8/10 nanti kira2 meneurut u gw kemana ya lebih baguz??
trus biaya tol pp beneran thu Rp. 60.000 u dari tol mana masuknya??
thanks

22 07 2010
ardiebagpacker

Yang lebih bagus? Hmm kalo punya duit lebih mending nginep di resortnya, atau nyebrang ke pulau umang juga oke tuh, penyeberangannya dari sbelum sampai tajung lesung, nama desanya kalau engga salah taman jaya, desa sumur. jangan lupa gabung dipage facebook saya, sering ngadain jalan2 lho : http://www.facebook.com/ayootravelling

3 11 2010
Donny Wo

Hai.. salam kenal yah…
saya tau tanjung lesung barusan aja nih dari temen saya. saya coba buka di google, eh ternyata ada pengalaman dari mas adrie.. saya mau coba kesana hari sabtu ini tanggal 6 nop ’10. klo boleh saya minta saran nih. klo ke pulau umang, kira kira biaya nya berapa yah? naik kapal nya pp brp? dan disana ada biaya2 lain gak? hehhe.. maksih infonya loh mas adrie…

3 03 2011
Fido

Halo Mas,

Permisi……..

maw nanya, klo misal mw maen k carita bay/lippo kondo tp nda sewa kondo nya bisa ga?

trus dari tol cilegon sampe ke tj.lesung itu brp lama yah? 6 jam kah?

12 10 2011
anisa

bisanya bila ngk nginap mesti pakai tempat buat istirahat aja mulai dari jam 1 sampai jam 4 tergantung bisa negohnya bro jg.

9 05 2011
Atika Fauziah

mau tanya doong, kira” bulan juni 2011 masih segitu gak?
_mohon balesannya_ makasih sebelumnya :)

9 05 2011
ardiebackpacker

@donny wo : salam kenal juga mas, info ttg biaya pulau umang ckup banyak deh di websitenya, mereka biasanya harga penginapannya sudah termasuk penyeberangannya, ratenya skitar 1,5 – 4jtaan, trgantung seasonnya lho… @Frido : Bisa aja, kadang tergantung kita ngelesnya aja di gerbang masuknya, beberapa pantai bagus di sepanjang anyer rata2 udah dblokir sama resort2 mewah, kadang buat ngilangin penasaran, saya suka bawa mobil pura2 sebagai penghuni aja, terus langsung nyelonong kepantainya, haha… Buat waktu tempuh dari cilegon, pengalaman saya skitar 6-7 jam, itu karena jalan rusak dan banyak berenti tanya2, maklum waktu itu malam hari, gelap dan belum pernah kesana.. @atika fauziah : apanya yang masih segitu? Kalau biaya bawa mobil sendiri ke tanjung lesung kayaknya belum ada perubahan, paling ada perubahan sedkit biaya retribusi masuknya aja sm tolnya aja, biaya tol diatas saya hitungnya dari bekasi sampai cilegon..

26 07 2011
roni

saya mw nanya doNK untUk biaya ke pantai cArita 1 orang brp?trus untUk parkiran bus nya brp biayanya?

23 09 2011
yony

mas kalo bis gede biayanya berapa tuh?

13 12 2011
ardiebackpacker

@roni: kalau masuk pantai carita seinget saya cuma bayar parkir retribusi aja, rata2 semua pantai dianyer begitu, emang mahal, krn biaya per orang ga dicharge lg @yoni: hmm berapa ya kalo sekarang, yg pasti sudah naik dr yg dulu skitar 50rbuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: